>
  • header

PROFIL

Perkenalkan saya seorang guru yang telah bertugas di daerah terpencil selama 22 tahun.

Pertama bertugas tahun 1998 tepatnya bulan Pebuari. Ketika itu saya tidak pernah membayangkan akan bertugas di daerah Transmigrasi di sebuah desa tertinggal di kecamatan Tapin Tengah kabupaten Tapin  bernama desa Rawamuning. Dengan semangat 45 saya berangkat dari kota Banjarbaru menuju tempat tugas dengan berbekal selembar surat tugas. Saya hanya berpikir untuk mengajar dan bisa melakukan apa nanti ketika diterima warga sekolah sebagai seorang guru baru (walaupun saya bukan baru lulus kuliah).

Hari pertama yang sangat mengesankan, dengan percaya diri saya naik kendaraan umum menuju kabupaten Tapin yang berjarak 85 km dari rumah. Dengan rasa yakin akan mudah menuju lokasi dimana sekolah berada, tanpa sedikitpun ragu saya bertanya sama sopir angkutan umum "Pak, menurut bapak sebaiknya saya nanti akan di dropout di daerah mana untuk bisa sampai ke Tapin Tengah?" Dengan lugas sang sopir menjawab. "Bila bapak ingin cepat sampai nanti dropoutnya di Tambarangan, dari sana lanjutkan naik ojek untuk sampai ke Tapin Tengah. "Baik, kata saya"

Perjalanan itu memakan waktu 2 jam, sampailah saya ke kec. Tambarangan. Saya diberitahu sama sopir dimana pangkalan ojek berada (katanya dia (sopir) warga asli Rantau). Saya tanya sama tukang ojek, siapa yang bisa mengantarkan saya ke SMPN 2 Tapin Tengah. Ternyata salah seoarng bilang bisa dan tahu tempatnya dimana SMPN 2 Tapin Tengah. Nego harga, akhirnya saya berangkat.Perjalanan berlangsung 20 menit menuju ke kecamatan Tapin Tengah. Di kecamatan saya bertanya dimana lokasi sekolah yang saya tuju. Saya diberi tahu bahwa tidak jauh dari kantor camat diitu ada sebuah SMPN. 

Ternyata SMP tersebut bertuliskan SMPN 1 Tapin Tengah, itu tidak sesuai dengan surat tugas yang saya terima dari dinas pendidikan provinsi kalimantan Selatan sebagai pemberi perintah tugas. Saya tanya guru piket yang bertugas hari itu. mereka semua tidak ada yang mengetahui dimana SMPN 2 Tapin Tengah berada. Akhirnya saya berdiskusi dengan Pak Ojek, sebaiknya mau mengantarkan saya ke Dinas Pendidikan Kabupaten Tapin.

Perjalanan memakan waktu 15 menit menuju dinas pendidikan kabupaten dari kecamatan Tapin Tengah. Setiba di sana saya tenyakan tempat dimana saya akan bertugas. Alhamdulillah..ternyata tidak ada satupun pegawai dinas pendidikan mengetahui keberadaan SMPN 2 Tapin Tengah. Lemas saya..pasrah dengan keadaan tersebut...apakah benar benar ada yang nama SMPN 2 Tapin Tengah ?

Saya minta kepada pak ojek utk mengantar ke terminal taksi di pasar Rantau. Sesampai saya di pasar..saya ajak pak Ojek untuk makan siang. Iseng iseng saya tanya pengunjung warung makan :adakah dari bapak bapak ada yang tahu kira kira ada SMPN baru berada di Tapin Tengah bernama SMPN 2 Tapin Tengah. Syukur alhmadulillah ada yang bilang "saya tidak tahu nama SMP nya berada ditengah Transmigrasi Rawamuning.

Ternyata penduduk Rantau tahun tersebut tidak mengenal SMPN 2 Tapin Tengah termasuk pegawai Dinas Pendidikan karena SMPN tersebut merupakan hibah dari kantor wilayah transmigasi provinsi Kalimantan Selatan kepada daerah Tapin. Bagi warga Tapin yang mereka tahu namanya SMP RAWAMUNING.

Kami bertugas sebagai guru mata pelajaran IPA.

Kontak Kami

logo_web_hdr.png
  • Telepon : +6281349531561
  • Email : info@relyrizaldy.web.id
  • Alamat : Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan

Pencarian

Berita Populer

IKLAN LAYANAN ANDA

Social Media