MAU NULIS Penelitian Tindakan Kelas ?
Masih gamang mau nulis PTK, jaman gini nulis PTK bisa dibilang lebih mudah dibandingkan jaman kami pada saat pertama kali mengikuti kegiatan penulisan PTK tahun 1999. saat itu informasi tentang PTK begitu sedikitnya, contoh yang diberikan oleh Nara sumber juga hanya apa yang dimiliki beliau saja.
Sekarang tinggal sentuh...semua infomasi tentang PTK langsung didapat.
Kita mulai aja ngenalin PTK bagi kawan-kawan yang baru pertama mau nulis PTK...ikuti ya!
Judul Penelitian
- Mencerminkan masalah
- Mencerminkan tindakan sebagai upaya pemecahan
- Singkat
- Mudah dipahami
- Komprehensif
- Contoh: “Penggunaan Kartu Istilah sebagai Salah Satu Alat Pembelajaran Konstruktivistik untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Ekosistem Siswa Kelas 7 Semester 1 di SMPN 2 Tapin Tengah”
Identifikasi Masalah
- Masalah yang akan diteliti harus dirasakan dan diidentifikasi oleh peneliti sendiri bersama kolaborator meskipun dapat dengan bantuan seorang fasilitator supaya mereka betul-betul terlibat dalam proses penelitiannya.
- Masalahnya dapat berupa kekurangan yang dirasakan dalam pengetahuan, keterampilan, sikap, etos kerja, kelancaran komunikasi, kreativitas, dsb. Pada dasarnya, masalahnya berupa kesenjangan antara kenyataan dan keadaan yang diinginkan.
- Masalah harus penting bagi orang yang mengusulkannya dan sekaligus signifikan dilihat dari segi pengembangan lembaga atau program;
- Masalahnya hendaknya dalam jangkauan penanganan. Jangan sampai memilih masalah yang memerlukan komitmen terlalu besar dari pihak para penelitinya dan waktunya terlalu lama;
- Pernyataan masalahnya harus mengungkapkan beberapa dimensi fundamental mengenai penyebab dan faktor, sehingga pemecahannya dapat dilakukan berdasarkan hal-hal fundamental ini daripada berdasarkan fenomena dangkal.
Rumusan Masalah
- Dikembangkan dari identifikasi dan pembatasan masalah
- Umumnya berbentuk kalimat tanya
- Kalimat tanya yang diajukan mengacu ke masalah pokok
- Kalimat tanya pada perumusan masalah harus dijawab
- Kualitas penelitian sangat dipengaruhi oleh kualitas jawaban bukan hanya banyaknya rumusan masalah
Contoh Rumusan Masalah
- misalnya : Y : Hasil belajar Pengetahuan Sosial….
X : Pendekatan Kontekstual ….
Bukan perumusan masalah pada PTK :
Apakah terdapat hubungan antara X dengan Y?
Termasuk penelitian kuantitatif korelasional
Judul yang sesuai:
Hubungan antara X dengan Y
Studi korelasional antara X dengan Y
Bukan Perumusan masalah pada PTK
Apakah terdapat pengaruh X terhadap Y?
Termasuk penelitian kuantitatif eksperimen
Judul yang sesuai:
Pengaruh X terhadap Y
Studi komparatif tentang X terhadap Y
PERUMUSAN MASALAH PADA PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Judul yang sesuai:
- Upaya peningkatan Y melalui X
- Optimalisasi Y melalui X
- Penggunaan X untuk meningkatkan Y
- Meningkatkan Y melalui X
Landasan Teori
- Sebagai dasar untuk mencari kebenaran berdasarkan kajian teori
- Teori-teori yang diambil harus relevan
- Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diambil
- Diambil dari teori-teori yang terbaru
- Diambil dari berbagai aliran
Penelitian yang Relevan
- Relevan dengan permasalahan dan variabel yang diteliti
- Untuk menghindari duplikasi
- Penelitian relevan baik dilakukan oleh peneliti sendiri maupun oleh orang lain
Kerangka Berfikir
- Didasarkan pada landasan teori
- Disesuaikan dengan permasalahan yang diambil
- Sebagai dasar untuk menentukan pengajuan hipotesis
- Klimaks dari kerangka berfikir umumnya terdapat kata : ……
berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir diatas, diduga ….
(misalnya diduga melalui X dapat meningkatkan Y)
Hipotesis Tindakan
- Merupakan jawaban sementara berdasarkan pada kajian teori dan kerangka berfikir
- Menjawab perumusan masalah yang diajukan
- Merupakan hipotesis tindakan bukan hipotesis penelitian
Contoh Hipotesis
- Apakah terdapat hubungan antara X dengan Y?
Judul : Hubungan antara X dengan Y
Hipotesis : pilih salah satu dari :
- Terdapat hubungan antara X dengan Y
- Terdapat hubungan positif antara X dgn Y
- Terdapat hubungan negatif antara X dgn Y (Bukan PTK)
- Apakah terdapat pengaruh X terhadap Y?
Judul : Pengaruh X terhadap Y
Hipotesis : pilih salah satu dari :
- Terdapat pengaruh X terhadap Y
- Y dengan menggunakan X1 > daripada yang menggunakan X2
- Y dengan menggunakan X1 < daripada yang menggunakan X2 (Bukan PTK)
- Apakah melalui X dapat meningkatkan Y?
Judul : Upaya peningkatan Y melalui X
Hipotesis : Melalui X dapat meningkatkan Y (PTK)
Metodologi Penelitian
- Setting Penelitian
- Subjek Penelitian
- Sumber Data
- Teknik dan Alat Pengumpulan Data
- Validasi Data
- Analisis Data
- Indikator Kinerja
- Prosedur Penelitian
Setting Penelitian
- Waktu Penelitian
- Kapan penelitian itu dilakukan
- Beri alasan mengapa penelitian dilakukan pada waktu itu (khususnya pada tindakan)
- Tempat Penelitian
- Dimana penelitian itu dilakukan
- Beri alasan mengapa penelitian dilakukan pada tempat itu
Subyek Penelitian
- Pada PTK tidak menggunakan populasi, sample, dan teknik sampling
- Populasi = sample, merupakan subjek
- Subjeknya siswa (dapat guru dan sebagainya)
Sumber Data
- Sumber data dari siswa sebagai subjek penelitian
- Sumber data lain dari guru atau teman sejawat
Teknik Pengumpulan Data
- Teknik pengumpulan data:
- Tes
- Observasi
- Wawancara, dll
- Alat pengumpulan data
- Butir soal tes
- Lembar observasi
- Pedoman wawancara, dll
Validasi Data
- Hasil belajar (nilai tes) yang divalidasi instrumen tes. Menentukan validitas teoritik maupun validitas empirik (analisis kualitatif dan kuantitatif)
- Proses Pembelajaran (observasi, wawancara) yang divalidasi datanya melalui triangulasi:
- Triangulasi sumber
- Triangulasi metode
Analisis Data
- Tidak menggunakan uji statistik
- Menggunakan analisis diskriptif :
- Hasil belajar dianalisis dengan analisis diskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes antar siklus maupun dengan indikator kinerja
- Observasi maupun wawancara dengan analisis diskriptif berdasarkan hasil observasi dan refleksi
Indikator Kinerja
- Merupakan kondisi akhir yang diharapkan
- Didasarkan pada pengalaman yang lalu
- Perlu pertimbangan untuk menetapkan indikator kinerja (jangan terlalu tinggi)
Misalnya biasanya nilai rata-rata ulangan harian 5,2, indikator kinerjanya menjadi 5,5 (jangan menjadi 9,0
Prosedur Penelitian
- Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas terdiri dari …. Siklus
- Langkah-langkah dalam siklus terdiri dari:
- Planning
- Acting
- Observing
- Reflecting
Dijelaskan rencana tindakan tiga siklus
Mau tahu lebih lengkap sekalian contoh PTK full akan dibaagikan lewat Link berikut ya
Link cara nulis PTK
https://drive.google.com/file/d/1DIRwdTsw2xzZbRj-M5A9nuTdj6xxFM2f/view?usp=sharing
LinkPTK guru SD
https://drive.google.com/file/d/12-5DGenXqwtIJqYaCz4w79BJl7pVzkjx/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/13a6-2q-DJ32Id2-tWgpczbCxgj5rln-g/view?usp=sharing
LinkPTK guru SD
https://drive.google.com/file/d/12-5DGenXqwtIJqYaCz4w79BJl7pVzkjx/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/13a6-2q-DJ32Id2-tWgpczbCxgj5rln-g/view?usp=sharing
Link PTK guru SMP/MTs
https://drive.google.com/file/d/1jkm_b9-yRQkASYZDsxpoMruKQbxXTnvc/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1mre0-YA2Cnfj5ByyTRAuuecBuM644KON/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1Hb9glNZdM8b_EZtQs7FssvPNZF3y8D5c/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1Oanw-xlTGsfr94tJSHTbUGMiogBBdqHp/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1D16yuHPECeDJh7Ih2hB60FqkQTIZgU76/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1rtlZAB_lybEni1ChIlIhX6BywG6A9pYU/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1kbBPqvH7ix6V_vz0Am4z8opufNAI49-o/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1ZEd0G-rM8Ar9Nbg6ZdufQ2JuQIwsF3Ms/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1C1caeMELrNI1Fgn40P1W4WsAWCDwCVqO/view?usp=sharing
https://drive.google.com/file/d/1krRSwaAdnNeXZi1da4G1lyst3oQSwGIE/view?usp=sharing
https://drive.google.com/open?id=1Bx77CCVsJ0gdWnCVje6_Y-F1lLU6Iqtt
#selamat berimprovisasi dari contoh yang ada sahabat hebat