>
  • header
04 Juni 2020

SIKAP GURU CERMIN SISWA, KITA CUEK AJA!

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, mengajar adalah memberikan pelajaran, melatih, dan lain sebagainya yang diberikan kepada orang agar diketahui. Secara deskriptif mengajar diartikan sebagai proses penyampaian informasi atau pengetahuan dari guru kepada siswa.

Menurut Hilgard, belajar itu adalah proses perubahan melalui kegiatan atau prosedur latihan baik latihan didalam laboratorium maupun dalam lingkungan alamiah.

 Tahukah kita, Ternyata apa yang terjadi disekolah adalah gambaran umum kondisi sekolah, kondisi siswa.

  1. Bagaimana kita selama ini, lebih sering abai terhadap tanggungjawab sebagai pendidik dampaknya berapa banyak siswa kita juga begitu. Mereka malas belajar kita bilang tidak bertanggungjawab. Sebenarnya mereka itu cermin guru, sebagai guru tugas pokoknya adalah mengajarkan bagaimana proses belajar berlangsung, kita cenderung selalu cuek terhadap tanggungjawab tersebut.
  2. Bagaimana kita selama ini, abai terhadap peraturan yang ada. Cenderung lebih suka melawan. Wajarlah kalau kita melihat siswa juga sering melawan guru. Itu artinya Allah mengingatkan kita bahwa siswa seperti itu akibat mencontoh guru. Cuma kita cuek aja..lantas memvonis siswa bandel.
  3. Bagaimana kita selama ini, Kita lalai tugas pokok kita, mengajar tanpa persiapan. Kalau ada siswa tidak siap saat belajar kita bilang mereka malas. Nyatanya kita juga malas kan. Kita Cuek aja.
  4. Bagaimana kita selama ini, Malas, seharusnya kita tak boleh marah sama siswa yang malas. Kita malas masuk kelas, lantaran nilai siswa jelek..kita bilang kamu malas belajar. Ingat lah mereka mendapatkan nilai rendah karena kita malas mengajar, kita tidak mau tahu problem mereka saat mengatasi problem belajar. Kita piker mereka harus seperti kita saat sekolah dulu. Faktanya kita sekarang ko malas…mala situ bagian diri kita yang tidak akan mudah di ubah…sudah karakter. Kita cuek aja!
  5. Bagaimana kita selama ini, tidak mampu update pengetahuan. Ada siswa yang lamban menerima pelajaran lalu dibilang kudate. Kita aja tidak tahu bagaimana cara mengajar dengan model model pembelajaran saat ini, kita masih konvensional. Kita tetpa aja cuek kan!

Pada dasarnya kita masih suka membandingkan diri kita dengan siswa, seolah olah siswa lebih jelek sikapnya, lebih jelek kedisiplinnya, lebih jelek kemampuan kognitifnya. Padahal siswa itu cermin buram kita. Kita guru seharusnya mampu menyapu buramnya cermin, tapi kita cuek aja!

Artikel Lain di sini

https://relyrizaldy.web.id/artikel-243-belum-ada-profesi-lain-sedasyat-profesi-guru-=’_blank’>Belum Ada Profesi Lain Sedasyat Profesi Guru

https://relyrizaldy.web.id/artikel-242-ga-pake-sedih--data-%C2%A0terhapus-di-komputer-dapat-di-temukan=’_blank’>Ga Pake Sedih Data Terhapus di Komputer

https://relyrizaldy.web.id/artikel-240-aturan-pembuatan-surat-tugas-di-lingkungan-pemerintahan=’blank’>Aturan Pembuatan Surat Tugas di Lingkungan Pemerintahan

https://relyrizaldy.web.id/artikel-239-guru-bukan-asn-gtt-juga-ada-cutinya-=’_blank’>Guru Bukan ASN (GTT) Juga Ada Cutinya

https://relyrizaldy.web.id/artikel-233-petunjuk-pendaftaran-sekolah-kedinasan-tahun-2020-=’_blank’>Petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan Tahun 2020

https://relyrizaldy.web.id/artikel-214-budaya-menulis-kita-tumbuhkan-lagi=’_blank’>Budaya Menulis Kita Tumbuhkan Lagi

Selamat membaca Sahabat Guru Hebat

0 Komentar

Kontak Kami

logo_web_hdr.png
  • Telepon : +6281349531561
  • Email : info@relyrizaldy.web.id
  • Alamat : Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan

Pencarian

Berita Populer

IKLAN LAYANAN ANDA

Social Media