>
  • header
03 Juni 2020

LAPORAN VIDCOM 2 JUNI 2020 SMPN 2 TAPIN TENGAH

Sejak terbitnya Surat Edaran Bupati Tapin dibulan maret menjelang Ujian Akhir sekolah guna mensikapi Surat Edaran Menteri Pendidikan di masa COvid-19 maka SMPN 2 Tapin Tengah membuat beberapa kebijakan

  1. Melakukan Proses Pembelajaran Jarak jauh (PPJJ) menggunakan 2 macam cara 
  2. a Dilakukan KBM Daring (dalam jaringan)

Bagi guru yang memiliki skill dan memahami cara belajar jarak jarah disarankan utk melakukan pemeblajaran menggunakan internet, spserti Classroom metting, WhatsApp metting , web pribadi dan web sekolah.

Tugas disampaikan melalui media tersebut.

Karena sifatnya dadakan, kendala utama tidak adanya no kontak siswa. Kesigapan wali kelas akhirnya no didapatkan. Alhamdulillah dari 181 org terkumpul ada 30 org lebih atau 20%

Lantas dibuat grup WA untuk memberi petunjuk bagaimana siswa melakukan kegiatan jarak jauh tersebut. Siring berjalan waktu, Alhamdulillah itu pun bisa berjalan hanya 50 % saja. 50 % lainnya memiliki alasan tidak memiliki Kuota internet. Spengetahuan guru, sesungguhnya ada factor ketidak siapan mereka atas perubahan ini, sebenarnya mereka lebih suka bermain dengan WA utk hal yang kurang penting. Kesadaran ortu juga kurang atas sikap siswa yg tidak mau belajar tsb.

  1. Dilakukan KBM Luring (luar jaringan)

Bagi guru diminta untuk membuat tugas secara biasa, memberikan kapada siswa dengan cara mereka (siswa) mengambil tugas dengan dating ke sekolah untuk dikerjakan di rumah. Dari 80 % siswa yg tdk daring diperoleh data ada 30 % saja yang melaksanakan tugas. Rendahnya kesadaran ortu juga sangat berpengaruh terhadap proses PPJJ. Dengan bujukan dan usaha yg maksimal telah dilakukan pihak sekolah. Pandemi ini telah merubah segalanya.

 

  1. PPDB

Adanya perubahan system yang dilakukan dalam masa Covid ini membuat sekolah harus tetap  konsen dalam PPDB, salah satu caranya membuat Spanduk guna menginformasikan bagaimana proses PPDB, membuat Broser dan Pamplet. Tak lupa menyebarkan  formulir PPDB kepada mitra sekolah yaitu Kecamatan Tapin Tengah dan 6 Desa Pendukung Dana Kegiatan Ekstrakurikuler.

Sekolah bermitra dengan Pak Camat dan Para Pembakal, guna pelayanan maksimal SMPN 2 Tapin Tengah.

Alhamdulillah sudah terdaftar 38 sisw, yang lainnya belu menngembalikan formulir pendaftaran kepihak sekolah. Insya Allah akan terus bertambah siswa begitu akan dibukanya TA 2020.

 

  1. Anggaran BOS utk COVID-19

Alhamdulillah,sejak di rancang RKAS BOS sudah berjalan sesuai dengan baik pada Periode I. Ada anggaran utk guru membeli pulsa internet utk melakukan kegiatan Daring tsb. Sebab sekolah sejak tahun 2016 sudah memiliki web sekolah  www.smpn2tapintengah.sch.id

Maka selalu dianggarkan dalam RKAS pembelian pulsa internet utk internal sekolah. Dan itu sesuai aturan penggunaan Dana BOS.

Pada periode II ini akan ada perombakan RKAS, adanya beberapa kegiatan yang terkendala dan dananya dialihkan untuk menyesuaikan kondisi New Normal seperti Canangan Pemerintah ketika sekolah dibuka kembali. RKAS ini dibuat sesuai arahan kepala Dinas Pendidikan Tapin Bunda Hj. Ahlul Jannah, S.Pd, M.Si

 

 

Terima kasih, demikian yang kami dapat sampaikan dalam Vidcom hari ini, 2 Juni 2020

 

Kepala SMPN 2 tapin Tengah

 

Rely Rizaldy, S.Pd

NIP. 196901271998021004

Baca Juga disini

IniJuga ya!      mesti dibaca ya

 

 

0 Komentar

Kontak Kami

logo_web_hdr.png
  • Telepon : +6281349531561
  • Email : info@relyrizaldy.web.id
  • Alamat : Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan

Pencarian

Berita Populer

IKLAN LAYANAN ANDA

Social Media