>
  • header
31 Mei 2020

Ga Pake SEDIH ! Data Terhapus Di Komputer Dapat di Temukan

Betapa galaunya hati ketika tahu data di komputer yang kita miliki terhapus karena ketidak sengajaan. Pusing..pusing data-data penting dari pekerjaan kita hilang begitu saja.

Ya sudah, Apapun alasannya ketika data terhapus di Komputer atau Laptop sempat membuat kita panik. Kepanikan ini semakin memuncak jika ternyata data tersebut adalah data yang sangat penting. Pada awalnya kita santai saja sebelum kita menyadari bahwa file tersebut sudah tidak ada di Komputer. Setelah kita sadar ketika akan membutuhkan file itu dengan seketika kita kaget, karena ternyata data tersebut sudah tidak berada di tempatnya lagi. Tunggu dulu, tidak perlu panik ! Lagian jangan juga bersedih hati. Karena disini akan memberikan  tutorial bagaimana LANGKAH -LANGKAH mengembalikan data terhapus tersebut.

 Ingat ya ! Sebelum memvonis bahwa data tersebut sudah benar-benar hilang dan beranggapan bahwa tidak mungkin dikembalikan lagi, sebaiknya di lakukan dulu LANGKAH yang akan di bahas disini. Karena umumnya kasus terhapus file di Komputer bisa kita kembalikan.Ga Pake SEDIH ! Data  Terhapus Di Komputer Dapat di Temukan!

 

Sebenarnya ketika kasus data terhapus di Komputer atau Laptop itu tidaklah benar-benar hilang. Dalam hal ini kita bisa melakukan trik khusus untuk mengembalikan data terkesan hilang tersebut. Bahkan diluar sana (tempatnya mbah Google) banyak tersedia software yang bertugas khusus menangani kasus kehilangan file Komputer ada yang berbayar tapi banyak yang free alias GRATISAN. Dengan begitu hilangnya data penting di Komputer tersebut bukan berarti hilang data secara permanen atau tidak bisa dikembalikan lagi.

Kasus hilang data dari Komputer bisa terjadi dari berbagai macam kasus. Contoh sederhananya kita tidak sengaja menekan tombol Delete pada keyboard atau bisa juga karena kita salah memilih file untuk dihapus.

Langkah Mudah Mengembalikan Data Terhapus di Komputer atau Laptop

Daftar Isi : ...he he ceritanya seperti makalah juga ah

Berikut  Langkah Mengembalikan Data Terhapus di Komputer atau Laptop Ga Pake SEDIH ! Data  Terhapus Di Komputer Dapat di Temukan

  1. Periksa Recycle Bin Komputer atau Laptop
  2. Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Versions
  3. Memeriksa File Didalam Data Backup File
  4. Gunakan Software Khusus Yang Mempunyai Fungsi Sebagai Recovery File

Sebelum memutuskan bahwa data tersebut tidak bisa dikembalikan lagi, silakan Anda simak dan lakukan  langkah-langkah berikut sebagai solusi dalam mengembalikan file terhapus di Komputer atau Laptop.

Kita mulai dari langkah   Periksa Recycle Bin Komputer atau Laptop

Apakah sudah tahu keberadaan dan fungsi dari Recycle Bin?  Sudah tau ya! Setiap komputer atau laptop yang menggunakan Operasi Sistem Windows secara default sudah terpasang Recycle Bin. Sebenarnya kegunaan Recycle Bin ini adalah tempat berkumpulnya file-file yang sudah kita hapus, dengan kata lain Recycle Bin ini adalah bagaikan tempat sampah.

Gunakan Recycle Bin untuk memeriksa data yang terhapus tersebut. Karena cara kerja penghapusan data di komputer setelah kita menghapus file maka akan dipindahkan kedalam folder Recycle Bin. File yang dihapus dengan tombol Delete biasanya akan dipindahkan ke Recycle Bin dan bisa dikembalikan dengan mudah hanya dengan beberapa klik. Jika tidak di apa-apakan, file akan terus berada di Recycle Bin selama 30 hari sebelum dihapus permanen secara otomatis.

Silakan lihat apakah data tersebut ada didalam Recycle Bin? Jika ditemukan, lantas klik kanan pada data yang ingin diselamatkan lalu klik pilih Restore. Dengan begitu data tersebut otomatis akan pindah ketempat semula dan Anda sudah bisa menggunakan lagi data itu.

Langkah berikut ini  Manfaatkan Fitur Windows Restore Previous Versions

Langkah ini di lakukan jika memang setelah memeriksa file didalam Recycle Bin tidak ditemukan. Pepatah mengatakan banyak jalan menuju Roma, dengan begitu  jangan dulu panik.

Coba langkah dengan buka Folder yang awalnya tempat data tersebut berada.Silakan klik kanan di Folder tersebut dan klik pilih Restore previous versions. Dengan langkah ini bisa memungkinkan kita untuk mengembalikan data terhapus. Windows akan melakukan restore data secara mundur ke tanggal  sebelum data terhapus.

Langkah berikut  Memeriksa File Didalam Data Backup File

Sadar kan ?  Seharusnya sadar sih…kita punya Backup. Coba ingat kembali apakah sebelumnya pernah melakukan backup data kedalam media cadangan eksternal seperti Harddisk, Flashdisk, CD/DVD, dan sebagainya. Jika pernah silakan  cek seluruh media eksternal tersebut karena kemungkinan data yang terhapus di Komputer atau Laptop dapat ditemukan di dalam eksternal data.

Catatan Ya ! Namun sebaliknya jika tidak ditemukan atau bahkan  tidak pernah melakukan backup data, maka hal ini bisa dijadikan pembelajaran kedepannya agar menjadi rajin melakukan backup file komputer.

Langkah yang Terakhir  Gunakan Software Khusus Yang Mempunyai Fungsi Sebagai Recovery File

Sudah Paham? Jika semua langkah diatas tidak membuahkan hasil, maka silakan lakukan langkah terakhir ini, yaitu menggunakan software. Seperti yang sudah singgung diatas bahwa saat ini tersedia banyak software yang mempunyai fungsi untuk mengembalikan data terhapus. Banyak juga software yang dapat kita nikmati secara gratis. Bahkan ada software portable, artinya kita menggunakan software tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu di Komputer atau Laptop.

Sudah Jelaskan kita bisa menggunakan software Recuva untuk mengembalikan data yang hilang. Software ini bisa kita nikmati dalam versi portable. Kita bisa dengan bebas menggunakan software ini yang kita simpan di Flashdisk tanpa harus menginstallnya. Software Recuva dipercaya sangat ampuh dalam mengembalikan data terhapus dengan melakukan seleksi untuk mencari file di seluruh harddisk secara menyeluruh.

Kenapa tidak, toh juga bisa menggunakan software Undelete 360. Software Undelete 360 bisa kita nikmati secara gratis dan mudah dalam mengoperasikannya. Solusi lain  bisa menggunakan software MiniTool Partition Recovery, Wise Data Recovery, dan PC Inspector File Recovery. Selain itu ada juga aplikasi untuk mengembalikan file seperti EaseUS Data Recovery Wizard.

Caranya, unduh dan instal aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard di laptop atau PC kalian. Setelah itu jalankan aplikasi seperti biasa dan pilih lokasi tempat file kalian terhapus.

Klik lokasi tersebut dan pilih opsi Scan. Software ini akan secara otomatis memindai lokasi yang dipilih dan beberapa saat kemudian hasil pemindaian akan ditampilkan di bagian Deleted files.

Setelah itu pilih file yang ingin dikembalikan dan klik Recover untuk menyimpannya di lokasi atau perangkat baru. Setelah itu, klik OK untuk menyelesaikan proses ini.

Ok mungkin hanya itu saja artikel ini agar bisa Mengembalikan Data Terhapus di Komputer atau Laptop menggunakan langkah-langkah yang sanagt mudah diatas. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan bisa menyelematkan file terhapus. Ga Pake SEDIH ! Data  Terhapus Di Komputer Dapat di Temukan. Jika semua langkah diatas hanya mendapatkan hasil nihil, sebaiknya mulai saat ini juga harus rajin melakukan backup file.

Terima Kasih..#savepembelajarNKRI

Sumber bacaan :  berbagai media di google. Lantas diedit utk keperluan kita…anda bukan?

Dicomot dari Sumber aslinya juga https://info-menarik.net/mengembalikan-data-yang-terhapus-di-komputer/  JUGA https://inet.detik.com/tips-dan-trik/d-4616888/3-cara-mengembalikan-file-yang-terhapus-permanen-di-laptop

Artikel Terkait

0 Komentar

Kontak Kami

logo_web_hdr.png
  • Telepon : +6281349531561
  • Email : info@relyrizaldy.web.id
  • Alamat : Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan

Pencarian

Berita Populer

IKLAN LAYANAN ANDA

Social Media