>
  • header
25 Mei 2020

SILATURAHMI APA SILATURAHIM YA ?

Gak kerasa kita udah ninggalin ramdahan dan kini bulan syawal. Gimana sejauh ini puasanya, full kan puasanya? Semoga tahun depan kita semua bisa bertemu Ramadan lagi ya. Aamiin. Nah, bicara kembali soal bulan syawal, pasti pada gak sabar untuk cerita gimana serunya Hari Raya Idul Fitri tahun ini kan? Biasanya, saat merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran, pasti identik banget dengan pergi berkunjung ke rumah sanak saudara dan kerabat untuk bersilaturahmi, eh silaturahim, eh, duh, apa sih yang bener?

Banyak orang beranggapan kalau silaturahmi dan silaturahim itu sama. Padahal kenyataannya terdapat perbedaan dalam penggunaannya. Yuk sama-sama pakai kata silaturahmi dan silaturahim tepat pada momennya. Jujur coba, pasti bukan cuma siswaku aja kan yang masih bingung bedainnya? Kalian pasti juga. Yuk cari tau perbedaanya sama sama!

  1. Secara Bahasa

 Hasil browsing dari berbagai sumber, silaturahim dan silaturahmi adalah kata serapan yang berasal dari Bahasa Arab yaitu “Sillah Ar-Rahim” (Shillah), artinya hubungan atau tali, kemudian Ar-Rahim adalah rahim. Jika disambungkan menjadi hubungan Rahim. Jadi, kata silaturahim memiliki makna yang erat kaitannya dengan hubungan kekeluargaan yang memilki hubungan darah atau satu rahim. Seperti Ayah, Ibu, Kakek, Nenek, Adik, Kakak, dan lainnya.

Sementara kata Ar-Rahm/Rahm (dalam Bahasa Indonesia dibaca Rahmi) memiliki arti kasih sayang. Jadi Silaturahmi memiliki arti kasih sayang terhadap sesama.

2. Secara Penempatan untuk Digunakan

Nah, sekarang kalian sudah tahu arti silaturahmi dan silaturahim secara Bahasa. Sekarang waktunya kalian untuk tahu kapan sih yang pas buat digunakan kata silaturahmi dan silaturahim. Apakah saat lebaran aja Siswaku ?

Kalau kalian mau pergi berkunjung ke rumah Nenek saat Lebaran, berarti kalian sebutnya silaturahim apa silaturahmi nih? Yo’i. Bener banget. Silaturahim, karena Nenek merupakan orang tua dari Ayah atau Ibu kalian dan udah pasti memiliki hubungan darah dengan orang tua kalian, dan juga kalian.

Lain halnya kalau kalian mau berkunjung ke rumah Guru IPA  he he jaman kalian masih SD dulu. Berarti kalian sebutnya pergi silaturahmi ke rumah Guru IPA. Karena Guru IPA jaman kalian SD dulu adalah seseorang yang tidak memiliki hubungan darah sama kalian. Seperti keluarga bapak pada hari pertama lebaran tahun ini bersilaturahmi kepada Bunda Ahlul Jannak Kepala Dinas Pendidikan Tapin, maklum ortu bapak di Banjarabru.

Nah, gimana penjelasan bapak? Udah gak bingung lagi kan? Jangan lupa kasih informasi ini ke semua orang-orang terdekat kalian ya. Biar kita semua sama-sama belajar menjadi #siswacerdas untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Siapa sangka pas lebaran ini jadi  beda lagi, kalian bakal jadi pusat perhatian karena bisa ajarin penempatan yang tepat untuk menggunakan kata silaturahmi dan silaturahim walaupun kalian lebarannya Cuma sama keluarga terdekat karena gak boleh mudik.

 #belajarcerdasdaricovid-19

0 Komentar

Kontak Kami

logo_web_hdr.png
  • Telepon : +6281349531561
  • Email : info@relyrizaldy.web.id
  • Alamat : Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan

Pencarian

Berita Populer

IKLAN LAYANAN ANDA

Social Media