>
  • header
09 Mei 2020

KITA BUTUH MOTIVASI UNTUK tetap SEKOLAH ?

Pendidikan adalah Bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain (menurut kamu ?).

Banyak orang berfikir bahwa pendidikan itu penting, tapi tidak sedikit pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting (kalo kamu ? Kamu ! Ya Kamu !). Apalagi bagi masyarakat yang tinggal dipedesaan ataupun daerah terpencil, mereka menganggap pendidikan itu tidak penting (kasus ketika home visit kemaren). Bagi mereka, lebih baik bekerja daripada sekolah. Alasan utamanya sudah pasti bisa ditebak, karena jika bekerja mereka bisa mendapatkan uang (lupa dia..uang recehan), sedangkan sekolah hanya buang-buang uang saja (ada benernya ya ?). Di tambah lagi dengan kondisi saat ini (pendemi COVID-19  ?) yang sangat susah mencari pekerjaan. Maka dari itu, sekarang saya akan membahas tentang pentingnya pendidikan (apakah akan memotivasi kalian?)

Kira kira percaya ngga ya? (kalo kamu ? Kamu ! Ya Kamu !)

  1. Memberikan pengetahuan

Efek langsung dari sebuah pendidikan adalah memberi pengetahuan (mulai merasa ngga). Pendidikan memberi kita banyak pengetahuan tentang berbagai hal dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia ini, pendidikan juga dapat memberikan pandangan bagi kehidupan. Membantu kita membentuk sudut pandang kehidupan, sehingga kita mampu bertanggungjawab terhadap diri sendiri dengan ber lepas dari tanggungjawab orang lain (paham ngga ya?).

  1. Untuk karir / pekerjaan

Jika diatas tadi saya (ingat bukan kamu! ) mengatakan bahwa salah satu alasan orang menganggap bahwa pendidikan itu kurang penting karena sekolah ataupun tidak sekolah tetap susah cari kerja. Nah dari itu kita ubah pola fikir kita bahwa dengan berpendidikan kita akan mudah mendapat pekerjaan, tetap berusaha dan berfikir positif. Bukankah kita akan memiliki pengetahuan yang cukup untuk tidak bergantung pada orang lain maaf- bukan maksud merendahkan, wajarlah kita seharusnya jadi majikan bagi diri kita dengan menciptakan lapangan kerja sendiri atau bekerja dengan orang lain (tentunya punya posisi tawar sejajar (paham ngga ya?) karena kita memiliki pengetahuan yang layak untuk diperdagangkan sebagai komoditas pribadi tangguh.

  1. Membangun karakter

Kembali lagi (bukan ingin mengulang kata) bahwa pendidikan itu sangat penting bagi kita (sudah sepaham?), karena tidak hanya memberi kita pengetahuan akan tetapi mengajarkan kita pada sopan santun dan hal- hal yang benar . pendidikan memupuk kita menjadi individu dewasa ; individu yang mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup. Dan pendidikan yang baik akan membuat kita lebih manusiawi. Manusia yang mempunyai posisi tawar yang sama dengan posisi orang lain dan itu meningkatkan nilai jual diri kita pada posisi yang tepat dalam berkarier. Kita ini bah seorang pedagang…bila pedagang beneran punya barang…ee eeh kita punya pengetahuan.

Rantau : Sabtu, 9 Mei 2020 (ku kutip dari berbagai sumber belajar, mungkin mirip ya!)

Yang sependapat boleh koment….apa saja deh.

Bila tak sependapat…silahkan kritisi …kita butuh anda untuk menunju literasi yang membangun pendidikan di negeri tercinta ini.

0 Komentar

Kontak Kami

logo_web_hdr.png
  • Telepon : +6281349531561
  • Email : info@relyrizaldy.web.id
  • Alamat : Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan

Pencarian

Berita Populer

IKLAN LAYANAN ANDA

Social Media